Alhamdulillah, Ramadhan pun datang lagi

Posted: 06/04/2014 in Tausyiah

ramadhanAlhamdulillah, Tidak terasa kita telah memasuki bulan Sya’ban yang Insya Allah sebentar lagi kita akan memasuki bulan Ramadhan 1435 H. Dalam sebuah hadis hadis dari Sahabat Salman Al Farisi r.a. menyatakan ketika menjelang akhir Sya’ban ada khutbah Rasulullah s.a.w yang sangat menarik dan harus kita perhatikan pesan-pesannya.
Adapun terjemahan khutbah nya sebagai berikut : “Wahai manusia, sungguh telah dekat kepadamu bulan yang agung lagi penuh berkah. Bulan yang di dalamnya terdapat satu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Bulan yang di dalamnya Allah telah menjadikan puasa sebagai fardhu dan shalat tarawih (qiyam malam) sebagai sunnah.
Barangsiapa mendekatkan diri di dalamnya dengan melakukan amal kebajikan maka pahalanya seperti orang yang melakukan tujuh puluh amalan fardhu pada bulan lainnya. Inilah bulan kesabaran dan pahala sabar adalah surga. Inilah bulan kasih sayang, bulan ketika rezeki seorang mukmin ditambahkan. Barang siapa pada bulan Ramadhan tersebut memberi buka orang yang berpuasa, maka itu menjadi ampunan bagi dosa-dosanya dan mendapat pahala yang sama tanpa sedikitpun mengurangi pahala orang itu.” Mereka berkata, “Wahai Rasulullah, tidak setiap kami mempunyai makanan untuk diberikan kepada orang yang berbuka puasa.” Rasul bersabda, “Allah memberikan pahala kepada orang yang memberi buka puasa, meskipun dengan sebutir kurma, seteguk air, seisap susu. Inilah bulan yang diawalnya penuh rahmat, ditengahnya penuh ampunan, dan diakhirnya penuh kebebasan dari api neraka. Barang siapa yang meringankan beban-beban hamba sahayanya pada waktu itu, maka Allah akan mengampuni dan membebaskannya dari api neraka.
Rasul melanjutkan khutbahnya, “perbanyaklah untuk melakukan empat hal pada bulan itu. Dua diantaranya dapat meyenangkan Allah dan dua hal lainnya pasti kamu berhajat kepadanya. Adapun hal yang kamu dapat menyenangkan Tuhanmu adalah engkau bersaksi bahwa Tiada Tuhan Selain Allah dan kamu memohon ampun kepadanya. Sedangkan dua hal yang kamu pasti berhajat kepadanya adalah, kamu bermohon surga dan kamu berlindung kepadanya dari api neraka. Barang siapa yang memberi minum orang yang berpuasa, maka Allah akan memberinya seteguk dari telagaku, di mana ia tidak akan haus hingga masuk surga.”
Inilah khutbah Rasulullah Saw menjelang Ramadhan yang singkat namun begitu jelas dan padat akan makna yang terkandung dari Ramadhan itu sendiri. Setelah membaca Khutbah Rasulullah diatas tadi tentunya kita sangat tidak ingin kehilangan bulan Ramadhan apalagi jika membiarkan Ramadhan berlalu begitu saja.
lalu apa yang seharusnya kita persiapkan menjelang bulan Ramadhan ini, setidaknya ada tiga hal yang perlu kita siapkan, adapun tiga hal tersebut adalah sebagai berikut :
Pertama Persiapan Iman, karena seperti yang tertera pada Al-Qur’an Surat Al-Baqarah ayat 183, yang diwajibkan berpuasa adalah orang-orang yang beriman. Puasa termasuk ibadah rahasia, jujur atau bohong kita dalam menjalankan puasa hanya Alloh yang tahu.
Kedua Persiapan ilmu pengetahuan tentang amalan-amalan selama bulan puasa, agar kita dalam menjalankan ibadah puasa sesuai tuntunan yang diajarkan oleh Rasulullah SAW dan tidak mengadili orang-orang tidak sepaham dengan cara ibadah kita
Ketiga Pembersihan hati sesama muslim, yang dimulai dari keluarga terdekat, tetangga, teman kerja dan orang-orang disekitar kita, agar dalam menjalankan ibadah puasa ramadahan kita dalam keadaan bersih dengan saling memaafkan.
Setidaknya dari ketiga persiapan yang disebutkan tadi, mudah-mudahan kita bisa menjadikan Ramadhan kali ini Ramadhan yang tebaik dan semoga Allah SWT pada bulan Sya’ban ini memberkahi kita semua dan menyampaikan usia kita pada bulan Ramadhan yang sebentar lagi akan menghampiri kita. Amiin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s