Sujudku tak hanya untuk-Mu, tapi untukku juga

Posted: 10/20/2011 in Catatan Kecil

Maha Suci Allah, ternyata shalat bukan hanya sarana untuk mendekatkan diri kita pada Allah swt, tapi tak sekedar itu hampir semua gerakan shalat berefek baik kepada kesehatan badan kita, salah satunya adalah gerakan sujud. Sujud menyimpan segudang manfaat baik bagi kesehatan rohani maupun jasmani an salah satunya bias mengurangi sakit kepala yud..yud..yud.. sebab kebanyak sakit kepala akibat terganggunya aliran darah ke otak.
Banyak dalil yang mengatakan betapa pentingnya sujud, sampai –sampai Rasulullah pun menganjurkan perbanyak bacaan/Do’a saat sedang sujud ketika lagi shalat, Rasuluklah pun menjelaskan bahwa saat paling dekat antara hanba dengan Rabbnya adalah saat sedang sujud.
Lalu bagaimana dengan efek kesehatan pada tubuh kita. Sejumlah ahli dari Malaysia diantaranya Prof. Wan Abu Bakar dan Dr. Fatimah telah melakukan penelitian terhadap gerakan sujudmerejka mendapatkan hukmah lain dari sujud diantaranya sujud dapat melapangkan system pernapasan, merileksasi paru-paru, mengurangi sakit ketika haid, mengurangai sakit penderita radang usus (appendiksitis) dan mengembalikan kedudukan organ ketempat asalnya, seperti mengembalikan kedudukan buah pinggang yang keluar sedikit dari aslanya akibat berbagai gerakan, memperbaiki posisi rahim mengatasi hernia, wasir.
Selain itu ditemukan juga manfaat saat dan setelah sujud, yaitu
• Meringankan bebean pelvis
• Memeberi dorongan supaya mudah tidur teutama bagi pengidap insomnia
• Dengan menggerakkan otot bahu, dada, leher, perut serta punggung, akan membuat otot lebih kuat dan menjadi elstis serta memperlancar peredaran darah
• Menghindarkan obesitas
• Pergerakan bagian otot memudahkan wanita melahirkan organ peranakan mudah kembali ke asalnya dan menghinarkan kejang
• Gerakan sujud akan mengurangi resiko penyakit saluran darah dan pendarahan di otak, saat sujud otak menerima suplai darah dan oksigen dengan baik. Bahkan ada beberapa saraf didalam otak yang tidak dimasuki darah, dan darah akan bias masuk saat kita melakukan sujud Subhanallah.
• Bagi para kaum hawa sujud banyak manfaat diantaranya saat sujud , kontraksi terjadi pada otot dada sehingga dapat memeperindah payudara dan memperbaiki fungsi kelenjar air susu. Manfaat lain bagi kaum hawa saat sujud pinggul dan pinggang terangkat melampaui kepala dan dada, otot2 perut berkontraksi penuh. Ini menguntu7ngkan wanita karena dalam persalinan dibutuhkan pernapasan yang baik dan merejan yang mencukupi.
• Antara dua sujud terdapat gerakan duduk (tahyat awwal) atau duduk iftirosy dan duduk tawwaruk (tahyat akhir) pada gerakan ini turut juga berkontraksinya otot daerah perineum (daerah paling terlindungi ada tiga lubang yaitu lubang persenggemaan, dubur dan saluran kemih, nah pada saat duduk seprti ini tumit kaki kiri akan memijit dan menekan daerah perineum. Tekanan lembut inilah yng memperbaiki organ reproduksi didaerah perineum.
Dari segi rohaniyah sujud membuat kita merasa rendah diri dihadapan Allah Swt. Sekaligus mengikis rasa sombong , angkus , ria, takabur dan sifat tak terpuji lainnya. Rasulullah Saw bersabda : sebagaimana yng dikisahkan Rabiah bin Ka’b Al Alsami, pada suau malam saya membawakan air buat RAsululah untuk berwudu rasulullah bersabda pada saya :”mintalah apa2 dari saya, lalu saya menjawab:”saya minta untuk bias mendampingi Rasulullah di surga lalu rasul bersabda :”kalau begitu bantulah saya dengan kamu memperbanyak sujud.
Menurut Prof. Soleh elakukan gerakan sujud secara rutin pembuluh darah diotak terlatih untuk menerima pasokan darah. Pada saat duduk posisi jantung berada di atas kepala yng memungkinkan darah mengalir secara maksimal ke otak, sehingga darah yang kaya akan oksigen memacu sel-sel otak untuk bekerja yang mengakibatkan dapat memacu kecerdasan. Riset ini telah diakui oleh Harvard University, Ameruika Serikat. Bahkan seorang doker berkebangsaan Amerika yang tak dikenalnya menyatakan masuk Islam setelah diam-diam melakukan riset pengembangan khusus mengenai sujud . Subhanallah.
Dari paparan di atas jelaslah sudah bahwa tidak ada satupun perintah Allah yang tidak ada manfaatnya, bahkan perintahnya itu aalah untuk kebaikan manusia itu sendiri. Tapi terkadang sedikit sekali yang sadara akan hal itu. Semoga kita termasuk orang-orang yang senantiasa selalu menjaga perintahNya dan menjauhi laranganNya. Wallahu’alam (dari berbagai sumber)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s