Iqro dan Pembebasan dari Penjajahan

Posted: 08/17/2010 in Opini

Dirgahayu Republik Indonesia yang ke-65, artikel ini ditulis pas tanggal 17 Agustus 2010, dimana pada perayaan kemerdekaan ini bertepatan dengan Ibadah shaum Ramadhan 1431 H. perayaannya pun tak semeriah ketika di luar bulan Ramadhan, tetapi lebih khidmat karena tidak banyak di barengi parade-parade budaya.

65 tahun yang lalupun ketika naskah proklamasi dibacakan yakni sama pada bulan Ramadhan, tentunya tidak semeriah perayaan-perayaan di masa-masa sekarang, jauh lebih hikmat dan memiliki arti yang sangat mendalam. mengapa tidak, karena pada waktu itu mereka adalah pelaku-pelaku utama yang membebaskan negeri Indonesia dari tangan penjajahan.

ya, 65 tahun yang lalu kita  negeri bebas dari tangan penjajahan secara fisik, dan itu bukan diperoleh dengan mudah tapi sudah banyak pengorbanan yang dilakukan oleh bangsa dan rakyat indonesia.

65 tahun yang lalu negeri ini bebas dari penjajahan secara fissik, dan yang membuat mereka senantiasa bergelora memperjuangakan kemerdekaanya karaena ada energi, ya energi yang tidak dimiliki oleh kaum-kaum kafir..energi itu yakni keimanan yang bersumber dari ajaran Islam (Al-Qur’an dan Sunnah Rasul).

betapa tidak, kurang lebih 14,5 abad yang lalu,  terjadi pada bulan Ramadhan pula, Allah swt menurunkan sebuah petunjuk bagi umat manusai, yakni Al-Qur’anul kariim yang pada waktu itu Rasulullah Muhammad saw sebagai pembawa risalahnya, dimana yang merupakan wahyu pertamanya adalah tentang membaca / Iqro, (al-Alaq 1-5). dari membacalah inilah tidak hanya membebaskan  penjajahan secara fisik, tapi juga pembebasan pada jiwa -jiwa yang terbelenggu, pada jiwa -jiwa yang jahiliyah, bermula dari wahyu pertama inilah Rasulullah dan para sahabatnya bergerak terus maju hingga akhirnya jazira Arab yang pada waktu itu dipenuhi oleh manusia-manisia jahiliyah, dalam waktu yang relatif singkat dipenuhi manusia-manusia yang bebas  jiwa raganya, tahu Tuhannya dan tahu dirinya, bahkan yang lebih dahsyat lagi tidak hanya mampu memimpin dirinya sendiri, tapi bahkan mampu memimpin dunia dan sekaligus Islam menjadi soko guru dunia. ya semua itu di awali dari kata IQRO…Allahu Akbar. Wallau’alam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s