DAN BACKHOE PUN TURUN KESAWAH

Posted: 03/22/2010 in Opini

Tentunya bukan suatu yang aneh jika ada kerbau, sapi, traktor turun kesawah, tentunya yang dilakuakn adalah untuk membajak tanah sawah yang sudah didiamkan beberapa hari setelah padinya dipanen. Tapi bagaimana jika yang turun kesawah itu Backhoe…apa yang akan dilakukan?

Mungkin bagi sebagian masyarakat majalaya bukan hal aneh lagi jika ada  backhoe turun kesawah, karena di sekitar Jl. Laswi Cidawolong – Biru desa biru ada dua  backhoe yang turun  kesawah. Mau apa gerangan? Ternyata backhoe itu mau mengeruk susukan (sungai kecil) yang melintasi area sawah  yang merupakan sumber air untuk area sawah tersebut. Mengapa di keruk ? karena selama ini teutama ketika musim hujan Jl. Laswi tersebut suka terendam air yang mengakibatkan terganggunya arus transportasi arah Bandung Majalaya. Mungkin ini salah satu niat baik pemerintahan setempat yang patut diacungi jempol.. walaupun sebenarnya agak terlambat, mengapa tidak dari dulu?. Tapi mudah-mudahan setelah dikeruknya dua sungai kecil yang melintasi area pesawahan tersebut, bias mengurangi air banjir yang tumpah kejalan.

Namun selain melakukan pengerukan, ada hal yang lebih penting untuk mengurangi bencana banjir di Majalaya yang senantiasa berulang dan rutin, yakni menumbuhkan kesadaran pada masyarakat akan kebersihan, sampah dan serapan air tanah, karena selama ini udah banyak tanah yang atasnya ditembok/dibeton sehingga air yang seharusnya menyerap langsung ketanah, tidak terserap karena ada tembok/beton sehingga air jadi begitu melimpah dan mengalir kejalan-jalan, hal ini bukan hanya terjadi di sekitar Jalan Laswi saja, bahkan kekampung-kampung yang gang-gang nya sudah ditembok/dibeton persis jika  hujan lebat terjadi maka genangan air jadi melimpah.

Hal penyadaran ini yang mungkin sulit, tapi tetap harus terus dikampanyekan oleh pemerintah khususnya dan oleh masyarakat pada umumnya terutam yang masih memiliki kepedulian akan hal ini. Mudah-mudahan sedikit demi sedikit masalah banjir di majalaya bisa teratasi, apalagi sungai Citarum yang melintasi wilayah Majalaya sudah dilakukan pengerukan dan di perlebar, tetapi tidak cukup itu ada yang perlu juga di perbesar dan diperbanyak yakni Taubat terhadap yang maha Khaliq, karena bias jadi semua ini merupakan peringatan bagi kita semua agar senantiasa kembali kepada jalan-Nya.

Komentar
  1. CES mengatakan:

    did u know the Safety Guidelines on the Operation of Backhoe Loader?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s