PEMANASAN GLOBAL

Posted: 06/09/2008 in Uncategorized

Silih berganti dan bertubi-tubinya bencana di Indonesia serta tidak beraturannya iklim menurut para ahli diakibatkan naiknya suhu bumi akibat dari pemanasan global yang di timbulkan dari banyaknya gas emisi, yang telah merusak lapisan ozon. Tentunya hal ini menjadi perhatian dunia dalam rangka untuk menyelamatkan planet kecil yang bernama ‘bumi’.

            Tidak kurang dari 200 negara, tepatnya pada tanggal 3 Desember 2007 berkumpul di bali untuk membahas masalah pamanasan global iniAda banyak factor yang menyebabkan terjadinya pemanasan lobal, selain berkurannya kawasan hutan yang ada di dunia juga semakin banyak pula industri-industri di negara maju yang menjadi penyumbang terbanyak munculnya efek rumah kaca ini, atau tidak tertutup kemungkinan kita pun termasuk salah seorang penyumbang terjadinya pemanasan global ini melalui hal-hal kecil yang biasa kita lakukan seperti pembakaran sampah, pemakaian lemari es, AC, kendaraan bermotor dan lain-lain.coba bayangkan jika hal-hal kecil ini di lakukan oleh setiap orang maka akan menghasilkan kontribusi yang besar untuk kerusakan alam ini, masya Allah. Tapi bukan berarti kita tidak boleh menggunakan alat-alat yang disebutkan tadi, tapi mari kita agar lebih hati-hati dan seefisien mungkin menggunakan alat-alat tersebut kalau perlu kita ganti alat-alat tersebut yang lebih ramah lingkungan.   

Ada salah satu upaya positif yang di lakukan oleh para petingi kita, selain menkampanyekan bahaya pemanasan global melalui penanaman pohon yang di motori oleh IBU NEGARA RI tapi yang terpenting adalah langkah PRESIDEN RI YANG  AKAN MEMBABAD HABIS PARA PEMBALAK LIAR. Dan  hal ini harus kita dukung penuh.

            Tentunya langkah yang di lakukan pemerintah ini tidaklah salah dalam rangka menghijaukan kembali hutan Indonesia sehingga bisa mengurangi dampak pemanasan global, tapi yang mesti kita ingat, ini bukanlah satu-satunya cara dalam mengurangi dampak pemanasan global, masih ada banyak cara salah satunya adalah perbaikan akhlak dan moralitas manusia, mungkin cara ini banyak orang yang melupakannya, termasuk para utusan negara-negara peserta UNCCC. 

            Kenapa akhlaq dan moralitas manusia yang menjadi sorotan penulis, mengapa tidak, ada kisah yang unik, lucu dan menyebalkan ketika disuatu daerah dataran tinggi yang diduga menjadi pemicu banjir dan longsor, disana ada program pemerintah untuk menanam pohon kopi di dataran tinggi/perbukitan yang gundul, tapi lucunya setelah selesai ditanam pohon kopi itu diambil oleh penduduk setempat dan di pindahkan untuk di tanam di halaman rumahnya.

            Bayangkan kalau moralitas dan akhlaq manusianya baik tentunya mereka akan memiliki disiplin serta tanggungjawab yang tinggi, dan tidak akan terjadi seperti hal tadi, selain itu juga dengan moralitas dan akhlaq yang baik, pemerintah bersama rakyatnya akan bahu membahu untuk memberikan solusi konkrit tidak hanya dalam masalah pemanasan global saja tapi dalam berbagai krisis multi dimensi.

            Bukankah sudah banyak pelajaran bagi kita bagaimana manusia – manusia terdahulu oleh Allah swt di hancurkan sehingga di abadikan dalam Al-Qur’an. Apa yang menyebabkan mereka dihancurkan, apakah mereka bodoh secara teknologi ?  tentu tidak, mereka sudah mampu membuat bangunan-bangunan tinggi, mereka sudah mampu menata kota, tapi apa yang membuat mereka hancur tiada lain karena akhlaq dan moralitas mereka sudah jauh dari yang Allah gariskan/ajarkan.

            Tentunya untuk mewujudkan akhlaq dan moralitas yang baik membutuhkan waktu dan proses yang panjang, tidak semudah membalikan telapak tangan. Namun untuk memuali semua itu mari kita awali dari diri kita pribadi, keluarga dan masyarakat lebih luasnya bangsa Indonesia. Penulis  yakin jika itu semua terwujud tidak  hanya pemnasan global saja yang terselesaikan tapi semua krisis multi dimensi yang ada di negeri tercinta ini, karena penulis yakin adanya bencana-bencana alam bukan hanya diakibatkan dari gejala alam (sunatullah) saja, tapi diakibatkan pula karena akhlaq dan moralitas manusia itu sendiri yang telah jauh dari tuntunan Ilahi. Wallau’alam

PEMANASAN GLOBAL, DAN BENCANA LAINNYA = (BERBANDING LURUS DENGAN) AKHLAQ DAN MORALITAS MANUSIA ITU SENDIRI..

.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s