Shadaqah….Begitu Mudah dan MUrah

Posted: 10/27/2007 in Tausyiah

Shadaqah….Begitu Mudah dan MUrah

 

Saat itu selesai melaksanakan shalat Ashar (MAsbuk) terdengan seorang guru ngaji anak-anak, tengah asyiknya menerangkan tentanh shadaqah dean menggunakan bahasa yang dimengerti anak-anak. Tiba-tiba salah seorang dari mereka angkat tangan sambil berkata “Bu sayakan masih anak-anak uangpun masih dikasih orang tua bagaimana bisa shadaqah untuk jajan saja susah.?.

Guru ngaji dengan jilbab lebar itu tersenyum, lalu berceritera tentang kisah saah seorang sahabat nabi, yang merasa iri terhadap orang-orang kayak arena mereka bisa beramal lebih dengan harta mereka. Ruypanya guru ngaji tersebut menjadikan hadist riwayat Muslim sebagai sumber inspirasi untuk jawaban anak tersebut.

Lebih jelasnya hadist tersebut sebagai berikut :

Abu Dzar berkata : sekelompok sahabat berkata kepada Rasulullah saw., “Wahai Rasulullah, orang-orang kaya pergi membawa banyak pahala. Mereka shalat sebagaimana kami shalat, mereka berpuasa sebagaimana kami berpuasa, naun mereka dapat bersedekah dengan kelebihan hartanya.” Nabi saw bersabda,”Bukankah Allah telah menjadikan untukmu sesuatu yang dapat disedekahkan? Yakni bahwa setiap kali tasbih (bacaan subhannallah) adalah sedekah, setiap kali tahmid (bacaan alhamdulillah) adalah sedekah, setiap kali tahlil (bacaan laailaha illallaah) adalah sedekah, menyuruh kepada kebaikan adalah sedekah, melarang kemungkaran adalah sedekah, dan jimaknya salah seorang diantara kalian adalah sedekah juga.” Mereka bertanya,”Wahai Rasulullah, apakah jika salah seorang dari kami memenuhi hajat syahwatnya berpahala?” Rasulullah saw. Menjawab, “Menurutmu, bukankah jika ia menyalurkan sahwatnya pada yang haram berdosa? Maka demikian pula apabila ia menyalurkan pada yang halal, ia mendapatkan pahala.” (HR Imam Muslim).

Sungguh melihat teks hadist tersebut jelas sekali betapa banyak cara untuk bersedekah. Ini membuktikan bahwa Islam bukan agama milik sekelompok orang, Islam bukan agama orang kaya / orang miskin, tapi setiap manusia berhak untuk memeluk Islam asal dia mau, tanpa memandang kaya miskin, cacat fisik / tidak. Buktinya setiap ibadah selalu ada rukhsoh (keringanan) salah satunya bersedekah bisa dilakukan tanpa mesti dengan memakai uang.

Senyum juga bisa disebut sedekah, mengangkat/membantu orang membawakan barang juga sedekah sebagai mana sabda Rasulullah saw., yang diriwayatkan oleh Bukhari –Muslim : Abu Hurairah r.a. berkata bahwa Rasulullah saw bersabda, “Setiap tulang manusia harus disedekahi setiap hari selama matahari masih terbit. Nehkau mendamaikan dua orang yang berselisih adalah sedekah, menolong seseorang dengan membantunya menaiki kendaraan atau mengangkat barangnya ke atas kendaraan adalah sedekah, kata-kata yang baik adalah sedekah, setiap langkah kaki yang kau ayunkan untuk shalat adalah sedekah dan engkau menyingkirkan aral/duri dari jalan adalah juga sedekah (HR Bukhari Muslim).

Hadist ini sudah ada sejak 14 abad yang lalu, tapi sudahkah kita melaksanakannya?. Adalah termasuk orang yang beruntung jika kita sudah dapat melaksanakan/mengamalkannya. Tapi jika belum….sudah saatnya kita mencoba. Jadi jangan lagi menggerutu dalam hati jika kita lagi di angkot/kendaraan umum ada penumpang yang mau naik atau turun membawa barang kalau perlu dan sempat kenapa tidak kita bantu, sudah saatnya jika ada pengamen di angkot/kendaraan umum atau di lampu merah,merasa keberatan untuk memberi karena tidak ada uang recehan ..cukup dengan memberikan isyarat tangan dengan mimic wajahyang ramah dan sedikit senyuman biar mereka merasa enak walaupun tidak di kasih uang, karena senyuman dan penolakan dengan cara yang baik Insya Allah termasuk sedekah.

Tentunya dengan adanya hadist-hadist tadi tidak menapikan bersedekah dengan harta. Apalagi kalau hadis-hadist tadi dijadikan landasan/dasar hukum / alasan bagi orang-orang kaya untuk tidak bersedekah dengan harta, karena bagaimanapun juga Rasulullah mencontohkan sedekah dengan harta itu yang paling utama, dan Alquranpun mengajarkan demikian (Biamwalikum wa angfus ) dengan harta dulu sebelum dirimu. Dari pemaparan diatas jelas sekali sedekah itu ringan mudah dan murah. Wallau’alam

Aar Syiarudin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s